Mengatasi MSVCR110.dll is missing saat install software tertentu

Kejadian seperti ini biasanya terjadi sewaktu komputer atau laptop kita masih baru atau setelah install ulang windowsnya. Tidak jarang beberapa orang frustasi dan kesal masalah seperti ini aneh dan ajaib, kok bisa muncul. Tak heran banyak yang mengungkapkan kekesalannya.

Jika kita mengetahui permasalahan tepatnya, saya rasa tidak akan sampai kesal atau tidak perlu kesal juga sih. Jika kita browsing ke sana kemari di internet lewat mbah google biasanya ketemu, biasanya loh. Tapi tidak jarang juga yang sudah mengikuti langkah-langkahnya namun tetap saja zonk alias nihil.

Untuk itu kita harus menggaris bawahi masalahnya dulu. Pertama, muncul pesan error yang berbunyi The Program can’t start because MSVCR110.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem. Kemudian tulisan error tersebut selalu muncul ketika kita ingin menginstall suatu aplikasi tertentu bukan?

Setelah mencari kesana kemari, ternyata solusinya telah diberikan oleh salah satu forum moderator Microsoft, yaitu Yaqub K dimana kita di rekomendasikan untuk menginstall salah satu komponen windows, yaitu Microsoft Visual C++ Redistributable 2012. Untuk lebih jelasnya, silakan cek forum Microsoft ini. Software itu sendiri nantinya akan di download dari link ini.

Permasalahannya adalah, kebanyakan orang menganggap bahwa patokannya adalah Sistem Operasi yang kita gunakan, yang sebenarnya itu adalah SALAH. Yang menjadi tumpuan adalah software yang akan kita install. Contohnya di bawah ini.

Saya punya Windows 8 x64 (64bit), saya mau install aplikasi GIMP. Karena sistem operasi saya 64bit, maka dari itu saya harus install komponen windows Microsoft Visual C++ Redistributable 2012 untuk versi 32bit (x86) dan 64bit (x64). Mengapa? Karena kebanyakan software PASTI berjalan di sistem 32bit. Kalau saya install GIMP menggunakan Microsoft Visual yang 64bit, sudah pasti tidak akan jalan. Oleh karena itu, untuk sistem operasi 64bit di rekomendasikan untuk menginstall Microsoft Visual untuk versi 32bit dan 64bit. Kalau Sistem operasi anda cuma 32bit ya install yang 32bit saja.

Contoh ilustrasinya seperti di atas. Kebanyakan orang menilai sistem operasi dia 64bit lantas ia hanya install 64bit saja, dan setelah dicoba masih tetap TIDAK BISA. Ya, karena aplikasi tersebut hanya membutuhkan yang versi 32bit saja. Makanya, untuk sistem operasi 64bit harus siap-siap harddisk besar yah, karena harus install versi 32 dan 64-nya. ^^ Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *