Request kartu fisik atau vcc pada Neteller

Topik blog kali ini saya ambil dari request pengunjung blog saya deh. Kebetulan ada seseorang yang berkomentar dan bertanya tentang bagaimana cara membuat atau request card di account Neteller. Pertanyaan yang bravo…

Secara simply kalo mau membuat kartu Neteller atau N+ tentunya kita harus request dulu dong, kemudian apakah request kita memenuhi syarat atau tidaknya tergantung review dari para tim N+. Oke, secara bertahap akan saya jelaskan dan perkenalkan secara garis besarnya saja ya. Karena kalau di paparkan panjang lebar bakal banyak banget. Dan saat ini sudah jam 00.00 WIB sebentar lagi!

Sebelum anda mendaftar Neteller, ada beberapa hal yang harus dipahami dan harus dimiliki.

  1. Pertama, pastikan anda punya identitas seperti ID card (KTP), SIM, atau Passport. Namun lebih di rekomendasi passport ya, karena berlaku internasional dan sangat cepat di approve.
  2. Kedua, pastikan anda minimal sudah punya VbV. Apa itu VbV? Adalah kepanjangan dari verified by visa. Adalah sistem transaksi terbaru dari bank untuk melakukan pembayaran online melalui Debit card kita (kartu debit bank lokal anda) dan melalui proses verifikasi pada hape anda. Lebih detailnya tanya pihak bank anda. Debit card ini nantinya yang berguna untuk isi (top up) kartu Neteller kita.
  3. Anda harus ngerti bahasa inggris. Kalau ga bisa belajar sedikit-sedikit dengan bantuan mbah google ya. Atau browsing di internet belajar bahasa inggris. Karena anda harus baca segala policy, ketentuan atau fee yang tertera terlebih dahulu biar anda tidak kaget tahu-tahu kena potong/charge dsb.

Buka website Neteller dan lakukan registrasi. Biasanya klik Join for free atau semacamnya deh. Saya asumsikan anda sudah bisa mengisi semua field yang ada. Kalau account currency saya sih dolar. Tapi dolar ga stabil. Kalau yang mau stabil Euro. Tapi itu terserah anda. Pastikan semua yang anda isi datanya sama dengan KTP atau passport ya dan valid!

Login & Verifikasi ke Neteller

Kemudian login ke Neteller website dengan user dan password yang anda sudah isikan. Pastikan anda ingat dengan data-data anda. Kalau saya sih selalu catat semua yang saya isikan dan simpan pada tempat yang aman. Kemudian kita verifikasi datanya. Setelah kamu login pasti bakal melihat notifikasi sebuah guide untuk memverifikasi account Neteller kamu. Semua sudah dijelaskan secara rinci bagaimana dan bagaimana. Nah, proses verifikasi ini saya sarankan menggunakan passport. Karena hanya dalam beberapa jam saja langsung verifikasi. Asal tahu saja, proses verifikasi ini benar-benar di review secara matang dan dengan mekanisme manual oleh tim Neteller sendiri.

Menunggu harap-harap cemas

Setelah verifikasi selesai, kita hanya bisa menunggu. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, lebih baik gunakan passport yang memang berlaku secara internasional, sehingga memudahkan serta mempercepat proses verifikasi tersebut. Menurut beberapa cerita dari orang-orang, banyak yang di declined untuk proses verifikasi ini, jadi pastikan anda memasukkan alamat atau nama dsb dengan benar tertera seperti passport atau KTP. Langkah detail verifikasi saya tidak hapal, tapi pada halaman dashboard utama akan dipandu. Kalau tidak salah nanti akan ada sesi anda harus mengupload data identitas anda ke Neteller, ada panduannya juga. Jangan malas membaca, agar tidak salah informasi. Sembari menunggu proses verifikasi ada baiknya baca-baca policy / FAQ Neteller.

Verifikasi selesai

Setelah proses verifikasi selesai, nanti akan ada pemberitahuan lewat email dan tertera pada dashboard interface account Neteller anda. Kemudian kita buat vcc. Vcc adalah kepanjangan dari virtual credit card. Adalah kartu virtual (tidak berfisik) namun masih bisa kita gunakan untuk bertransaksi di sebagian merchant. Ingat! di sebagian merchant. Namun untuk paypal dan proses payment gateway digital semua bisa kok!

Nanti akan ada panduan untuk membuat vcc. Vcc yang dibuat pertama kali tidak dikenakan charge alias gratis, namun untuk kedua, ketiga, dan seterusnya akan dikenakan harga charge. Ingat, hanya vcc pertama kali saja yang gratis.

Membuat vcc

Untuk membuat vcc, kita ke menu Net+ Cards kemudian pilih Virtual cards. Tentukan nama vcc anda dan silakan isi panduan yang ada. Kalau anda lihat tulisan saya dan interface cukup berbeda, harap dimaklumi. Toh berarti guide atau menu yang ada sudah berbeda sejak pertama kali saya membuat atau menulis artikel ini. Nanti akan ada yang namanya Secure ID berisi 6 digit angka yang berguna sebagai pengaman vcc kita. Mohon catat di notepad anda dan disimpan baik-baik.

Catat pada notepad anda no kartu vcc, tanggal dan cvv serta data apapun yang dirasa penting dan simpan baik-baik. Setelah vcc anda dibuat, anda bisa langsung belanjakan, contoh beli hosting, domain, dsb. Tidak semua merchant bisa accept vcc ya. Biasanya yang bersifat digital saja.

Request kartu fisik

Untuk merequest kartu fisik dari Neteller, kita dikenakan charge atau biaya tambahan. Saya gak lupa entah $13 atau $15 lupa deh. Tapi nanti ada kok ketentuannya harus bayar berapa dan mekanismenya seperti apa. Sudah ada lengkap, jadi kita hanya perlu membaca dan mengikuti prosedurnya saja. Selain memakan biaya, kartu fisik Neteller membutuhkan waktu 3 mingguan untuk sampai ke tangan kita. Waktu itu saya diantarkan oleh pak Pos di depan rumah saya dan detail beritanya bisa di cek di post ini. Perlu diingat, logo kartu fisik Neteller bukan VISA, melainkan Master Card.

Sekian deh tulisannya, saya enggak bisa kasih secara detail karena saya memang benar-benar sudah lupa dan beberapa menu juga sudah berubah. Tampilan Neteller dulu dan sekarang agak berbeda, jadi harap bisa dimaklumi. Dan kemungkinan pada waktu mendatang akan berubah lagi tampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *