Menggabungkan file 001 002 dst di Linux

Bingung mencari cara bagaimana cara menggabungkan file berakhiran 001 002 003 dan seterusnya? Jika anda memakai linux tidak perlu khawatir deh. Karena melalui command terminal kita bisa menggabungkan file tersebut tanpa menggunakan software apapun. Hanya modal command terminal saja.

Jika anda sadar, file ekstensi tersebut adalah bagian dari hjsplit. Apa tuh hjsplit? Bagi yang belum tahu tentang hjsplit bisa di klik ke link yang sudah saya berikan di atas. Secara garis besar, software ini berfungsi untuk memotong keutuhan file menjadi beberapa bagian sesuai yang diinginkan dan untuk menggabungkannya kembali harus disambungkan kembali.

Kalau menggunakan sistem operasi windows, maka harus menggunakan aplikasi seperti hjsplit, namun kalau menggunakan linux seperti centos, ubuntu kalian cukup mengetik command 1 baris saja kok, kemudian langsung enter. Untuk lebih jelasnya cek di bawah ini.

Syntaxnya yaitu :

cat [nama file.ekstensi.*] > nama_file.ekstensi

Untuk memperjelas contohnya, kita coba langsung. Sebagai contoh ada nama file bernama filem.mkv.001 dan filem.mkv.002, akan kita gabungkan dengan nama filem.mkv. Oleh karena itu, kita ketik :

cat filem.mkv.* > filem.mkv

Dengan demikian, semua file filem.mkv.001 dan filem.mkv.002 akan otomatis digabungkan menjadi file bernama filem.mkv. Secara default, sistem akan membuat file baru dan file lama dengan ekstensi 001 dan ekstensi 002 otomatis masih ada di sana. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *