Mengerti Qmail: Arti Invalid_Relay

Setelah beberapa saat menerima masalah mengenai email. Jadi ceritanya ada pelanggan yang tidak bisa mengirim email melalui iphone miliknya. Saya tanya, iphone miliknya mempunyai versi iOS 9.

Setelah berhasil memperoleh beberapa informasi darinya, saat mengirimkan email selalu muncul pesan error disertai notifikasi yang intinya berbunyi rejected dan not allowed to send. Namun saat menggali informasi lainnya, pelanggan sudah cukup kesal karena ada email penting yang harus ia kirim saat itu juga, dan sepertinya kesabaran si doi sudah mencapai puncak.

Saya cek melalui log server dari smtp, kemudian menemukan beberapa baris yang jelas terlihat.

cat /var/log/qmail/smtpds/* | tai64nlocal | grep <email> | less

Terlihat ada baris berbunyi Invalid_Relay. Apakah itu? Sebenarnya sudah terlihat jelas, kalau invalid relay berarti email tersebut ingin dikirimkan dari tempatnya melalui smtp server ke email tujuan. Hanya saja, tidak diperbolehkan karena suatu hal. Mengingat si pelanggan ini orang awam, sudah dapat dipastikan ada 2 hal :

  1. Ia lupa mengisi autentikasi untuk outgoing server
  2. Ia menggunakan server smtp server lain untuk akun emailnya

Kemungkinannya cuma dua setahu saya. Informasi log mengandung baris seperti ini :

Reject SNDR Invalid_Relay SNDR’s tries relaying; but not allowd

Yak, saya rasa sudah jelas. Yang harus kita lakukan adalah mengecek kembali ke hape si pelanggan tadi. Pelanggan marah2? No problem, cukup baca doa dulu dan sabar, entar juga jinak. Wkwkwkw…

Oke cukup sekian. Ini saya tulis karena kadang suka lupa. Udah lama ga megang qmail smtp server *teehee*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *