Cegah polusi udara sebelum terlambat!

Semakin lama dunia ini semakin panas, apalagi yang tinggal di area perkotaan atau pinggiran kota. Bahkan suatu kota madya juga berpotensi menjadi daerah yang dominan panas juga. Bagaimana cara kita mengakalinya?

Siapa yang ingin tinggal di daerah bercampur dengan polusi udara? Pasti tidak ada yang mau  bukan? Tapi yang namanya tinggal di perkotaan padat seperti Jakarta dan sekitarnya, polusi udara tidak dapat dihilangkan. Namun paling tidak bisa kita tekan agar tidak membahayakan kesehatan. Sebenarnya ada beberapa tips untuk mencegah polusi udara menjadi sangat dominan. Caranya simpel, namun sayang, masih banyak orang yang mengabaikan dan acuh tak acuh. Aneh saja, sebenarnya orang-orang tersebut pernah belajar lingkungan kesehatan enggak ya?

Menurut versi sendiri, saya telah merangkum 10 poin penting yang bisa anda baca. Saya yakin, poin ini dapat memberikan kesadaran lebih pentingnya polusi dan kesehatan kita.

  1. Sadar diri bahwa kesehatan itu penting
  2. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi, paling tidak gunakan saat libur saja
  3. Hilangkan anggapan memakai motor lebih cepat, karena di jalan raya motor semua isinya!
  4. Jangan sok kaya, mentang-mentang mobil kantor bukan berarti tiap hari memakai mobil kan?
  5. Selalu berpikir positif kalau menggunakan transportasi publik itu nyaman
  6. Saling mengingatkan pentingnya bahaya polusi dan kesehatan kita
  7. Jangan sok lebay tentang panas, sumpek, dll saat memakai transportasi umum! Indonesia berada di garis katulistiwa, sudah pasti panas. Kalau tidak mau panas pindah dari Indonesia!
  8. Transportasi umum di Jakarta sekarang sudah cukup nyaman, terbukti armada transjakarta tiap tahun ditambah terus! Full AC!
  9. Cobalah sesekali transportasi umum seperti kereta atau bus transjakarta, kalau tidak tahu tanya ke petugas!
  10. Selalu gunakan kartu epay (kartu elektronik) yang support pembayaran terintegrasi kereta dan bus

Cukup simpel, namun 10 poin di atas menampung beberapa hal yang saya temui perihal pentingnya polusi dan kesehatan. Punya poin tambahan lainnya? Silakan komentar di bawah saja ya!

Intinya, jangan takut memulai suatu perubahan walaupun masih belum pasti. Ketidakpastian bisa kita selesaikan dengan banyaknya mengumpulkan informasi. Enggak rugi juga kok mengumpulkan banyak informasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *