Setup PPTP Windows

Topik kali ini adalah lanjutan dari topik sebelumnya tentang membuat VPN menggunakan PPTP pada Ubuntu server. Btw, pada postingan sebelumnya saya lupa kasih tahu kepanjangan PPTP yah… -_- sorry lupa.

Nah, sudah saya carikan gambar yang pas nih. PPTP adalah kepanjangan dari Point to Point Tunneling Protocol. Semoga gak ada yang kebingungan lagi. Seperti yang dikatakan pada judul topik di atas, kita akan membahas bagaimana caranya setting PPTP VPN pada windows. Secara garis besar sih mudah dan gampang (sama aja). Namun seiring dengan perkembangan windows, mungkin agak beda dikit-dikit. Tapi secara garis besar sama. Saya di sini menggunakan Windows 8 dengan settingan default look control panel.

Buka control panel kemudian pilih Network and Internet. Lalu pilih Network and Sharing Centre.

Setelah terbuka, akses Set up new connection or network.

Lalu interface baru akan muncul. Pilih Connect to A Workplace, next.

Pilih “No, Create a new connection“. Biasanya pilihan menu ini akan muncul ketika sebelumnya anda sudah pernah membuat koneksi VPN, dan profil tersebut masih ada.

Kemudian selanjutnya pilih Use my internet connection (VPN). Lalu kita diminta meminta alamat server dan nama profilnya.

Pada kolom internet address, isikan nama server yang sudah kita setup sebelumnya. Internet address bisa berupa nama hostname (huruf) atau diisikan IP addressnya (angka).

Pada kolom destination name adalah nama profil VPN kita. Kalau ini terserah anda sih, mau isi apa saja. Setelah itu klik Create.

Autentikasi pertama kali nanti akan dilakukan. Cukup tunggu saja. Jika berhasil, maka nanti anda akan tersambung pada VPN server tersebut, secara otomatis akan mendapatkan lokal IP dari VPN server dan juga IP publik dari server VPN juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang perlu ditambahkan, silakan komentar saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *