Solusi sinkronisasi mail antar server dengan IMAPSYNC

Pagi ini kembali lagi membahas tentang linux. Saya ingat beberapa waktu lalu pernah migrasi email server dari linux server ke windows server. Sebagaimana yang kalian tahu, format email konten (server side) linux berbeda dengan windows.

Kebetulan windows server yang dipakai saat ini adalah Mailenable. Kalau tidak salah ada tool converter, yang memungkinkan kita untuk memungkinkan merubah format konten mail dari linux ke windows Mailenable. Prosesnya cukup panjang, singkatnya anda harus memindahkan file tersebut dulu, mengconvertnya, kemudian memindahkan file ke tempat yang seharusnya. Prosesnya cukup panjang dan hanya bisa per email account saja. Kalau email account yang akan dipindahkan hanya hitungan jari saja masih mending, bagaimana kalau ada 30++?

Nah, oleh karena itu kita butuh aplikasi yang cukup bisa diandalkan dan kalau bisa sih linux cli. Salah satunya adalah aplikasi bernama IMAPSYNC. Apa itu imapsync? Nah, silakan baca artikel dari sumbernya langsung yah biar tidak salah tangkap dan salah fokus, kwaokwoakw…

Secara garis besar, imapsync memungkinkan kita untuk memindahkan suatu konten email account dari satu ke akun lainnya secara remote atau lokal. Maksudnya remote, server satu dan server lainnya berada di network yang berbeda. Biasanya imapsync digunakan saat migrasi email server satu ke yang lainnya dalam jumlah besar atau sedang atau mungkin kecil (kalau anda terlalu malas).

Sebagai catatan pribadi juga, tips bagaimana install imapsync pada centos. Asal tahu saja, jika anda menggunakan yum install tidak akan bisa.

untuk centos versi 64bit:

http://packages.sw.be/rpmforge-release/rpmforge-release-0.5.2-2.el6.rf.x86_64.rpm
untuk centos versi 32bit:

wget http://packages.sw.be/rpmforge-release/rpmforge-release-0.5.2-2.el6.rf.i686.rpm

Saya asumsikan sudah terdownload ya, kita install rpm tersebut. Membutuhkan akses root atau sudo.

rpm -Uvh <nama package>
yum install imapsync

Tunggu sekitar 2-3 menitan dan imapsync akan terinstall pada centos anda. Cara menggunakannya bagaimana? Di website author sebenarnya sudah jelas cara pemakaiannya. Saya intisarikan :

imapsync --host1 server1.example.com --user1 user@domain1.com --password1 123456 --host2 server2.example.com --user2 user@domain2.com --password2 ABCDEF

Namun ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Tidak semua mail server mempunyai kapabilitas yang sama. Dengan berarti, tiap mail server bisa saja menggunakan extra command line karena salah satu kapabilitasnya itu. Gunakan imapsync –help untuk command lebih lanjut.

Sebagai contoh, pada mail server windows biasanya menggunakan custom separator dan login detail CRAM-MD5, ada beberapa server linux yang hanya accept login type LOGIN, sedangkan pada imapsync, default type login adalah CRAM-MD5.

imapsync --host1 mail.linuxmail.host --user1 aku@host1.com --password1 123456 --authmech1 LOGIN --host2 mail.windowsmail.host --user2 kamu@host2.com --password2 654321 --authmech2 LOGIN --sep2 / --prefix2 ""

Pada contoh di atas menggunakan separator custom dengan prefix kosong. Biasanya digunakan dari server mail linux ke windows. Tapi belum tentu juga, tergantung yang install dan custom servernya. Syntax di atas hanya untuk referensi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.