Install OpenVPN di Ubuntu Hanya 5 Menit

Sudah lama tidak posting artikel pada blog ini, kini kita akan bahas sedikit tentang Openvpn. Rencananya saya akan memasang OpenVPN server dan men-generate config openvpn berupa ekstensi .ovpn dan nantinya tinggal di import saja pada client openvpn.

Tapi untuk saat ini kita tidak akan menggunakan cara yang ribet menginstall  ini itu dengan ribet, kita pakai cara yang mudah saja untuk memasang OpenVPN server. Pada umumnya openvpn ini bisa di konek langsung sebagai kebutuhan sehari-hari anda.

Mungkin beberapa orang masih belum banyak yang tahu apa fungsi Openvpn ini. Diantaranya :

  • Mengamankan koneksi – Karena 100% koneksi ter-enkripsi
  • Privasi koneksi – Kamu bebas mengakses, karena privasi kamu terjaga
  • Koneksi tersambung dengan server – Tergantung server mana yang dipakai
  • Mudah dan praktis bagi sebagian orang

Dari sisi server sendiri, paling tidak kamu harus mempunyai VPS atau server linux dengan MINIMAL ram 256 MB dengan koneksi yang mumpuni serta trafik quota yang banyak (misal 1TB per bulan). Untuk sistem operasi di sini menggunakan Ubuntu server 16.

Mari kita mulai proses install.

wget https://git.io/vpn -O openvpn-install.sh
sh openvpn-install.sh

Setelah dijalankan akan muncul beberapa pertanyaan seperti :

Sebagai arsip script ini sudah saya mirror kan ke 2 source seperti pastebinme dan pastebin.

Sangat mudah, setelah terinstall kemudian kita download profile .ovpn tersebut. Misal pada gambar di atas akan bertuliskan iphone pada kolom client name. Dengan begitu, nama file profile tersebut akan bernama iphone.ovpn.

Kemudian kita download client openvpn yang tertera pada website. Jika menggunakan windows, tinggal download dan install lalu import profile tersebut, kemudian langsung browsing deh. Mudah bukan?

Nah, jika kalian membutuhkan openvpn dengan unlimited akses serta koneksi hingga 1 Gbps, bisa langsung kontak email saya di halaman About me. Atau bisa komentar di bawah dengan menyantumkan email nanti akan di follow up ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.