Tips membuat password akun

Setelah kemarin sabtu kopdar dengan teman-teman saya hingga malam, sempat tersinggung pada beberapa perbincangan menganai password akun, password email kantor, dsb.

Apalagi ada teman saya yang bekerja di salah satu perusahaan dimana ia menyimpan beberapa arsip dan record penting data bank. Oleh karena itu ia disuruh oleh atasannya untuk mengganti password email sebulan sekali. Hal itu digunakan agar kerahasiaan arsip dan dokumen penting perusahaan tetap terjaga aman. Tapi kalau tiap bulan harus ganti password, cukup repot juga loh. Karena password harus kita ingat dan kalau berganti terus, walaupun hal tersebut simpel tapi bakal merepotkan juga.

Ada beberapa tips yang bisa saya kasih agar akun anda aman dan tentram tanpa harus mengingat password yang susah dan ribet tiap bulannya. Memang, zaman sekarang dunia digital tidak lagi aman seperti dulu. Entitas keamanan harus di-nomor-satu-kan. Apalagi akun tersebut punya kantor dan kita yang bertanggung jawab atas data-datanya.

Gunakan complex password

Selalu gunakan password complex. Complex artinya susah ditebak, tidak dapat dieja, dan tidak dapat diartikan. Sebenarnya lebih ke “Bahasa Namec” sih. Kalau anda pernah nonton filem anime Dragon Ball dan tahu planet asal Picollo, nah itu planet Namec. Terus perhatikan deh, tulisannya kaga bisa dibaca dan diartikan! LOL!

Ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk membuat complex password. Contohnya password generator ini.

Siapkan Note

Selalu siapkan note di komputer anda. Bukan kenapa-kenapa, tapi saya sarankan untuk memasang software bernama notepad++ atau sublime text. Aplikasi ini dirancang untuk kenyamanan text skala banyak. Selalu simpan note anda dalam komputer atau flashdisk atau simpan di filehosting secure online, seperti MEGA. Kenapa saya sarankan MEGA? Karena MEGA mempunyai layanan kryptografi tingkat tinggi dan punya fungsi sync dengan versi desktop juga. Lainnya juga seperti hubic, dropbox, dll.

Jika harus dirubah tiap sebulan sekali, kita gunakan beberapa rumus simpel yang tidak akan terpikirkan. Sebagai contoh, password anda sebelumnya adalah 123456. Kemudian pada bulan ke 2 kita rubah ke 123456_2! Kemudian pada bulan ke 3 kita rubah ke 123456_3! dst. Atau kombinasi yang agak sulit, seperti 123456.dua? dst.

Intinya, ada banyak cara untuk mengganti variasi password, akan tetapi selalu saya ingatkan untuk catat di note anda dan kalo perlu di sync di tempat aman. Jangan sekali-kali menaruh password penting di gadget seperti hape. Kalau belum hilang ya bagus, tapi kalau sudah hilang dan jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab mau apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *