Sharing Pekerjaan di Bidang IT Teknis

Sudah bosan dengan pembahasan teknis, ekonomi dan kadang ada unsur politik, sekarang kita bahas artikel lain yang mungkin banyak dicari oleh teman-teman pengunjung. Saya akan sharing sedikit tentang pekerjaan di bidang IT teknis berdasarkan pengalaman saya.

Pada dasarnya semua pekerjaan itu sama, baik itu teknis maupun tidak teknis. Tergantung jenis dari perusahaan tersebut, apakah bonafit, apakah memang medit atau memang sangat sejahtera. Banyak faktor yang mempengaruhi.

Jujur saja, saya selalu memperhatikan beberapa pengunjung dan orang yang berkomentar serta dari mana asal pengunjung tersebut. Dari situ saya akan merangkum beberapa artikel terkait yang erat kaitannya dengan pengunjung tersebut. Karena saya cek dalam beberapa hari terkahir pengunjung berasal dari mahasiswa, saya akan jabarkan sedikit tentang pekerjaan IT untuk referensi.

Pekerjaan IT Luas

Beberapa orang masih mencibir sulitnya mencari pekerjaan, apalagi di bagian IT. Kamu tidak perlu takut. Faktanya, seiring dengan berkembangnya waktu, lapangan pekerjaan yang berbasis IT semakin banyak dan menjanjikan dengan gaji yang variatif tiap tempatnya.

Misalnya di tempat saya bekerja, adalah sebuah perusahaan hosting non outsourcing dengan berfokus mencari orang teknis seperti system administrator, system networking, marketing digital, designer, developer website, dll.

Macam Pekerjaan IT

Jika kamu berasal dari fakultas teknik industri, maka ada beberapa penawaran pekerjaan yang sesuai seperti :

  • System Administrator / Engineer
  • Network Engineer / Administrator
  • Database Administraor / Engineer
  • Datacenter Engineer
  • Developer Android – Bagi  yang jago android
  • Developer website php, mysql, asp
  • Developer aplikasi phyton, ruby, dll
  • Digital Marketing – Disini harus punya analysis kuat

Jika kamu berasal dari fakultas ilmu komputer seperti saya, ada beberapa penawaran yang cocok seperti :

  • System Administrator / Engineer
  • Network Engineer / Administrator
  • Database Administraor / Engineer
  • Sales Engineer
  • Customer Service IT oriented
  • Designer
  • Developer website / aplikasi
  • IT Analyst

Sebenarnya ada banyak macam pekerjaan yang ditawarkan, tergantung minat dan bakat kamu ada dimana. Perlu diingat juga, fakultas tidak menjamin dimana kamu bekerja dan di bagian posisi apa. Itu semua tergantung minat dan kemampuan individu kamu. Namun pada dasarnya yang paling penting dalam mencari pekerjaan atau bekerja adalah attitude.

Tips

Sekedar tips bagi kalian yang sedang membaca ini dan mencari pekerjaan berbasis IT, sebaiknya jangan bermalas-malasan saat semester terakhir. Nilai IPK bukan penentu seberapa besar gaji yang kamu dapat, namun pengalaman dan kepercayaan perusahaan-lah yang menentukan besarnya gaji.

Hindari pekerjaan outsourcing dan beberapa perusahaan lokal yang menggunakan kedok outsourcing. Saya lebih menyarankan untuk menghindari apply pekerjaan yang bertemakan outsourcing.

Kuasai paling tidak 3 keahlian yang kamu bisa saat di kuliah. Misal, kamu suka Linux lalu kamu kuasai Linux itu paling tidak hingga hapal command dasar dan pengalaman hingga beberapa bulan memakai Linux. Jika kamu suka php paling tidak kuasai php tersebut hingga tingkat mendekati master. Percaya deh, jika kalian malas-malasan dan tidak menguasai ilmu saat kuliah minimal 3, jangan salahkan saat interview saat di test kamu hanya diam bengong saja.

Ilmu yang dibutuhkan di dunia IT adalah ilmu terapan dan bukan teori. Serta ilmu pada IT tiap tahunnya terus bertambah dan berakselerasi, dimana kita sebagai pelaku IT harus terus bisa menyesuaikan diri dan dituntut untuk terus belajar. Makanya, yang masuk IT harus sesuai passion dan kemauan kalian, bukan karena paksaan atau karena ajakan teman.

Mungkin itu saja yang bisa saya sharing untuk kalian. Semoga bermanfaat. Bagi yang mau menambahkan, bisa tambahkan pada kolom komentar di bawah.

2 Replies to “Sharing Pekerjaan di Bidang IT Teknis”

  1. Setuju pak,
    Sedikit sharing, bahkan untuk D3 tidak menutup peluang. Pastikan sistem grading dari perusahaan jelas dengan membandingkannya tidak semata-mata melalui standar UMP atau UMR, ini obrolan lebih lanjut sih yang dapat dijelaskan kedepannya sih.

    Ada kisah unik yang akan saya bisa gambarkan dalam 1 baris saja. Dikantor saya ada seorang staff sistem administrator yang memulai karir dari office boy 😁 yang mana bagi saya itu adalah suatu hal yang luar biasa,ets tidak semata-mata dalam hitungan bulan tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.