Membuat Private Name Server di Client Area

Sekitar beberapa minggu yang lalu ada rekan kerja yang meminta untuk memposting caranya membuat private name server di client area. Nah client area ini sebenarnya agak ambigu. Client area yang saya maksud adalah WHMCS.

WHMCS sebenarnya adalah cms CRM billing dan integrated service yang sudah menjadi satu. Beberapa penyedia hosting menengah hingga besar biasanya menyediakan layanan pembuatan private name server, dalam WHMCS istilah ini disebut Child Name Server.

Namun ada pengecualian jika kamu membeli domain tersebut ke pihak registrar (partai besar) seperti Godaddy, Namecheap, OVH, dll. Nah, tutorial saat ini hanya terbatas pada Client Area WHMCS saja.

Login ke Client Area

Langkah pertama yaitu kamu login ke client area terlebih dahulu. Masukkan username (email) dan password kamu agar bisa masuk ke dalam billing system.

Navigasi ke Menu Domain

Selanjutnya navigasikan ke  menu domain lalu My Domains, seperti gambar di bawah ini.

Kemudian kita menuju manage Name Servers.

Setelah itu ke menu Manage Private Name Servers.

Jika kamu belum mendaftarkan name server, maka di sinilah tempatnya. Biasanya name server menggunakan format ns1 & ns2. Namun sebenarnya kamu bisa bervariasi. Boleh menggunakan format apapun.

Register Name Server

Misalkan saya akan mendaftarkan name server ns9 pada domain saya. Lalu binding ke IP 1.2.3.4. Maka ini yang harus saya lakukan.

Pada bagian Register A NameServer Name, saya harus mengisikan format seperti gambar di bawah ini, lalu klik Save Changes.

Jika sudah berhasil, maka otomatis akan muncul pesan sebagai berikut :

Sekarang tugas kamu hanya perlu pergi menuju DNS server IP tujuan, yaitu 1.2.3.4 untuk di set DNS zone terhadap domain kamu.

Persyaratan Membuat Private Name Server

Sayangnya langkah yang saya demonstrasikan tidak semudah begitu saja. Pada prakteknya, sebelum membuat private name server domain sendiri, kamu harus punya VPS dan sudah dipasangi oleh module DNS server. Sayangnya jika dijabarkan lebih lebar lagi hal ini sudah sangat bersifat teknis dan saya pastikan, anda langsung bingung.

Namun jika kamu enggak mau pusing, saya bisa bantu menyediakan jasa name server secara gratis untuk 1 domain atau lebih. Kamu bisa pesan di sini jika berminat. Well, itu adalah free kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.