Grav: CMS Alternatif WordPress

Jika kalian sedang mencari alternatif CMS selain dari pada WordPress, maka Grav adalah pilihan yang tepat. Karena CMS Grav ini cocok buat kalian yang dulunya sering pakai WordPress.

Selain simpel dan bersifat open source, ada satu hal yang bakal kalian suka dari Grav, yaitu tanpa mysql database, alias flat file. Beberapa aspek dari Grav akan kita bahas di sini secara garis besar.

Mudah Install

Salah satu kelebihan Grav yang kamu suka adalah mudahnya untuk menginstall. CMS Grav ini bisa dipasang dalam 2 macam. Pertama, versi flat file tanpa admin plugin (Grav Core). Kedua, versi flat dengan admin plugin. Akses halaman download.

Grav Core

Untuk memasang Grav Core sangat mudah, kamu hanya tinggal download file Grav Core tersebut kemudian extract file tersebut, dan upload kembali ke document root. Sayangnya kamu harus membaca dan mencobanya sendiri untuk lebih detailnya, karena sangat panjang kalau di bahas di sini.

Yes, do it yourself ya.

Oh ya, perlu diketahui untuk versi Grav Core ini tidak ada halaman admin, jadi untuk modifikasi halaman atau membuat page baru kamu harus edit file dari File Manager secara manual.

Grav Core + Admin plugin

Untuk pemasangan Grav Core yang disertai Admin plugin, agak beda dengan Grav Core. Bedanya, dengan admin plugin berarti ketika ingin membuat halaman atau artikel, maka menggunakan halaman admin. Cara install.

Sayangnya untuk memasang Grav dengan admin plugin harus pastikan kalian memiliki composer dan beberapa komponen yang agak advance untuk user biasa. Kamu harus punya akses terminal / console untuk memasang admin plugin.

Untuk merasakan user interface dari Grav tersebut, kamu harus install sendiri dan sayangnya lagi untuk memasang Grav dengan admin plugin, harus punya akses ssh atau terminal login untuk memasang composer. Kamu bisa kontak TokoVirtual jika ingin webhosting + ssh dengan harga rasional dan tidak lebay.

Persyaratan Umum

Secara default, grav ini hanya membutuhkan apache + php56 saja. Namun kalau saya boleh saran, lebih baik kalian menggunakan nginx + php-fpm saja agar server load lebih efisien dan lebih cepat load webservernya.

Kesulitan memasang Grav dan ingin tanya lebih? Langsung komentar saja, mungkin bisa saya bantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.