Mencicipi CBT Closers Indonesia

Kalau kemarin saya sudah kasih informasi sedikit mencoba CBT Closers Indonesia pada postingan sebelumnya, sekarang kita mainin gamenya langsung.

Setelah membuat karakter baru dan memainkannya sekitar 3 jam-an (baru level 23 atau 24 gitu, lupa) saya akan membagikan beberapa screenshot yang berhasil direkam. Tadinya mau kasih video, tapi malas deh rekamnya. Mending kasih screenshot saja dan diberi deskripsinya untuk masing-masing gambar, oke?

Kalau masalah review, game ini terbilang sangat mudah. Ya, bahkan anak kecil SMP pun mungkin bisa memainkannya dengan beberapa jam penyesuaian terlebih dahulu. Game ini bertemakan slide scrolling game gitu deh, jadi karakternya 3D namun map dan backgroundnya ya hanya 2D saja. Terlepas dari itu, game ini mungkin rekomendasi bagi mereka yang suka combo-combo-an dan jurus-jurus efek yang membuat layar monitor anda lag-lag ria.

Waktu loading screen

Gambar di atas diambil ketika kita sedang pindah map, memasuki dungeon atau memasuki kota / keluar dungeon. Eh, sebenarnya bukan dungeon juga sih. Jadi apa ya namanya, custom map? Quest map? Kalau saya sih istilahnya dungeon.

Mode Battle PVE

Gambar di atas ini diambil ketika kita memasuki suatu dungeon nih. Saat screenshot diambil saya masih level 12 dan masih belum punya banyak skill dan aksesoris di karakter. Jadi sebelum bertarung di dungeon pasti selalu deh ada short movie sekitar 5 detik, karakter kita gaya dolo.

Selesai Battle PVE

Gambar di atas diambil ketika kita sudah selesai menyelesaikan 1 dungeon itu. Saya kurang tahu indikator dapat skor S atau SSS seperti apa, namun yang pasti saya saranin untuk menghajar momon (monster di dungeon) fast mode dan pakai combo-combo terus. Oh ya, mungkin ada yang bertanya, “PVE apa sih?”

Perlu diketahui, ada beberapa istilah yang sangat kental dibicarakan. Salah satunya adalah PVE dan PVP. PVE adalah kepanjangan dari Player Versus Environment. Sedangkan PVP adalah Player Versus Player. Environment itu apa sih? Coba silakan googling sendiri, tq.

Naik Lv

Gambar di atas diambil ketika karakter saya naik level saat berada di dalam dungeon. Saat skor akhir ditentukan, ternyata EXP base level karakter sudah melewati batas lv saat itu, makanya naik level deh.

Kota Gangnam

Lalu seperti apakah kota di dalam game tersebut? Pertama kalinya, kita akan berjumpa di kota Gangnam kalau tidak salah. Penampakan kota tersebut bisa kalian saksikan pada gambar di atas. Lumayan rame juga kan? Oh ya perlu diingat, mau di kota atau dungeon harus menggunakan arah untuk menggerakkan karakter kita, atau kalau punya game pad bisa pakai game pad.

Peta Dungeon

Bagaimana sih NPC dungeon atau cara mengambil quest? Untuk mengambil Quest di NPC dengan tanda (!) berarti bisa diambil. Sedangkan jika sudah selesai, tandanya menjadi (?). Biasanya setelah bicara dengan NPC kita harus bicara ke suatu NPC untuk membuka Mission Map seperti gambar di atas.

Dalam mission map tersebut terdapat 3 tingkatan. Yaitu easy, normal dan yang paling sulit adalah hard. Tiap memasuki dungeon dengan tingkatan yang berbeda, maka menghabiskan stamina yang berbeda pula. Untuk level easy stamina yang dibutuhkan adalah 5. Sedangkan untuk normal dan hard, stamina yang dibutuhkan adalah 10. Dalam sehari, kita hanya dibekali stamina sebesar 170 saja.

Karakter Seravee CloseUp

Setelah seiringnya waktu dan kalian mengerjakan Quest, nanti akan diberikan hadiah berupa usable item. Usable item bisa dicari pada kotak inventory (I) dan pilih tab usable. Dan isinya adalah beberapa set avatar yang bisa kita pakai langsung pada karakter kita. Contohnya seperti gambar di atas. Kawaii desho?

Sebagian orang mungkin ada yang bertanya, “Kok itu senjatanya ada efek apa tuh?”. Setelah dicoba-coba, ternyata dalam game Closers, jika senjata kita sudah tempa / enhance ke tingkatan tertentu, maka ada efek khusus yang muncul. Sebagai contoh, gambar di atas adalah karakter saya dengan menggunakan senjata +6 saja. Efeknya bisa di lihat. Nanti yang +7 ada beda dikit, +8 juga, dst.

Pilih karakter

Hampir saja lupa, saat login ke dalam server nanti kamu akan memasuki pemilihan karakter yang akan dimainkan. Nanti kira-kira bakal seperti gambar di atas. Set gambar latarnya bagus juga ya, menggunakan ruangan kerja kecil dengan meja, jadi suasananya tuh seperti di kantoran aja. Tapi bedanya mereka kantoran membasmi momon.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga membantu teman-teman dalam memainkan game. Ingat, mainkan game sewajarnya saja (biasanya 1-3 jam sehari). Kebanyakan memainkan game bisa berefek kecanduan dan menimbulkan dampak yang negatif kebanyakan \^o^/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.