Gratis Public WHOIS domain atau IP

Bagi kamu yang bekerja di lingkungan System Administrator, sudah wajib punya yang namanya tools untuk whois. Entah itu whois IP, whois domain dan whois lainnya. Sebenarnya fungsi whois itu sendiri sudah ada pada linux, jadi tinggal dipakai saja.

Namun ada kalanya beberapa orang kurang nyaman menggunakan command line dan lebih menyukai wbe browser. Ya tidak bisa disalahkan juga sih. Tapi, kebanyakan penyedia whois biasanya memberlakukan iklan yang lumayan menyebalkan, atau mungkin ada verifikasi bukan bot kaya gitu deh.

Karena saya tidak suka ribet dan pusing, mungkin ada baiknya kalau kita mencoba membuatnya sendiri. Sayangnya script whois yang ditulis dalam php ini bukan saya author aslinya. Melainkan boleh ambil dari tempat lain (saya lupa, karena mencarinya di pelosok website) kemudian saya ambil dan kembangkan sendiri.

Silakan akses dcyber09 whois di sini : http://dcyber09.web.id/whois.php

Server whois sedikit

Saat pertama kali mendapatkan script whois ini, si author menulis beberapa whois server dimana masih mengacu pada TLD (domain tingkat satu) saja. Ya dimana harus dikembangkan lagi dengan menambahkan beberapa server whois pada extensi domain baru dan yang ada di seluruh dunia kan.

Update whois server

Beberapa server whois yang sudah saya tambahkan dengan beberapa top level domain tambahan seperti :

  • *.sg
  • *.id
  • .blog

Semoga bermanfaat. Jika membutuhkan extensi whois domain yang perlu ditambahkan isikan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.