Script Imapsync v2

Lagi-lagi kita membahas tentang script imapsync yang gunanya untuk melakukan transfer email. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya tentang solusi sinkronisasi email antar server, sekarang ada variant baru dari scriptya.

Sebelumnya saya sudah membagikan pada kalian 2 macam variant dari script imapsync itu sendiri. Script variant lainnya yaitu pada postingan sinkronisasi email dengan imapsync. Nah, script yang satu ini yang baru saja saya temukan agak berbeda dengan lainnya.

Bisa dibilang aktivitas dari si pembuat atau author script imapsync versi baru ini sangatlah jarang. Karena jika dilihat dari statistik github tersebut, terakhir kali online yaitu sekitar 3 tahun lalu. Dihitung ketika saya membuat artikel ini. Namun walaupun sudah terbilang tidak terlalu aktif, kita bisa langsung comot aja scriptnya.

Lebih jelasnya bisa di cek ke halaman github : https://gist.github.com/onlime/4bc4514e835d7c4d685f

Jika dilihat dari struktur scriptnya, imapsync versi github onlime ini hanya digunakan first time import saja. Artinya, tidak ada logika script yang menjelaskan untuk melakukan sync comparison.

Yang perlu diperhatikan atau file yang harus ada sebagai berikut :

  • imapsync.sh sebagai core script
  • accounts.list sebagai data email
  • lalu konfigurasi pada file imapsync.sh dimana SRCHOST & DSTHOST ditandai dengan sumber host dan destinasi host. Di sini bias kita isikan hostname atau IP address saja.

Untuk format file accounts.list itu sendiri, harus dengan format berikut :

<SRCUSER> <SRCPW> <DSTUSER> <DSTPW>

Dimana SRCUSER adalah email sumber dan SRCPW adaah password email sumber. Kemudian DSTUSER tujuan email dan DSTPW adalah password email tujuan. Contoh realnya :

saya@email.com passwordku saya2@email.la passwoot

Kemudian command dijalankan dengan menggunakan command :

sh imapsync.sh

Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.