WHMCS: Aktivasi pre-sales contact form

Berbicara tentang WHMCS, sekarang ada pertanyaan baru bagi kalian yang pernah setup WHMCS pada server kalian. Tentunya ada pertanyaan besar bagi tiap orang yang mau setup WHMCS pada server mereka.

Dari mulai pertanyaan tentang harga, kurs, metode pembayaran internasional, bahkan hingga cara setup server yang integrated seperti apa. Semuanya tidak mungkin akan kita bahas di sini, namun paling tidak kita akan membahas 1 hal yang saat ini saya suka kelupaan.

Setup contact form utuk pre-sales

Salah satu kunci penjualan yang bagus adalah adanya form kontak yang kita sediakan untuk para pengunjung atau calon pelanggan bertanya pada kita. Karena dengan kontak tersebut, kita bisa berkomunikas dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Dalam WHMCS, kamu bisa mendaftarkan departemen mana dan untuk siapakah departemen yang dibuat tadi. Misalnya, saat ini saya sudah pasang WHMCS namun bingun untuk assign departemen tersebut. Karena tidak mau pusing, akhirnya kita memutuskan untuk menggunakan email kantor saja dan hanya membuka support departemen saja.

Setup Departemen

Hal pertama itu pastikan sudah punya username dan plugin setelah dibuat oleh akun administrator. Baik, di sini saya menggunakan Support Department saja. Caranya bagaimana?

Login WHMCS sebagai admin > Support > Support Department > Add new Department.

Jika sudah, kita isikan kolom dan baris mana yang perlu kita isi. Jangan lupa tentukan juga alamat email dari para database tersebut.

Lalu ke Admin Control panel > General Setting > Mail.

Pastikan selalu isikan user dan passoword exsel terlebih seperti sebelum jadi berantakan.

Nah setelah selesai semuanya, masih pada halaman yang sama, kita ubah “Presales Form Destination” tersebut menjadi Support, yaitu department yang barusan kita buat.

Nah, nantinya ini semua ticket yang bersifat pre-sales yaitu form kontak yang bisa diakses dari contactus.php maka akan terkirim ke email yang telah terdefinisi.

sumber: ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.