Revisium: Scanner Malware Ampuh dari Plesk

Yang namanya malware sudah pasti sangat merugikan bagi para pengguna Linux ya. Dulu zaman saya kuliah ada yang bilang, “Makanya pakai Linux, biar enggak pakai virus”. Wah kalau begitu, kamu salah ya.

Karena nyatanya, mau kita pakai sistem operasi entah itu Windows atau Linux ternyata sama-sama ada virus atau malwarenya juga. Bedanya kalau Linux itu jarang dan tidak terlalu populer seperti windows. Mungkin jika sudah populer nasibnya akan sama seperti windows ya 🙂

Bagi kalian yang suka tentang webhosting Linux, ternyata malware masih menjadi salah satu masalah terbesar. Mengapa? Karena sifat dari malware itu sendiri yang cukup merugikan bagi pemilik dan berdampak pada sekitarnya. Contoh malware.

Jika kamu menggunakan Plesk versi 17.5 atau 17.5 ke atas, kamu bisa menggunakan fitur extensi Plesk bernama Revisium. Revisium adalah anti virus yang setahu saya lebih ampuh daripada malware scanner gratisan yang enggak pernah di upgrade.

Cara Install Revisium

Untuk memasang Revisium, kamu login ke Plesk panel sebagai root atau admin terlebih dahulu. Lalu pada panel sebelah kiri ke menu Extensions. Lalu pada kolom pencarian kita ketik “Revisium”. Setelah itu klik “Install”.

Oke, sekarang kamu sudah berhasil memasang Revisium Antivirus pada Plesk kamu.

Ada perbedaan antara gratis dan berbayar. Yang gratis, kamu harus scan secara manual dan menghapusnya secara manual.

Sedangkan untuk berbayar (saya belum pernah coba berbayar) tapi menurut deskripsi produk tersebut, yang berbayar bisa menghapus file secara otomatis.

Oke, dengan begini kamu bisa memantau tiap saat untuk website kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.