Upgrade Plesk 11.0 ke Plesk 17.5.3 pada Centos 6

Posting bahasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara upgrade Plesk dari versi jadul (Plesk 11.0) ke versi Plesk yang agak terbaru. Sayangnya Plesk versi paling baru yaitu 17.8 hanya bisa dipakai pada Centos 7 saja.

Karena server yang akan kita upgrade di sini hanya menggunakan Centos 6, oleh karena itu maksimum Plesk version yang bisa kita upgrade adalah ke versi 17.5 saja. Jika dilihat dari perbedaannya, tidak terlalu mencolok sih, hanya saja yang menarik dari Plesk 17.8 adalah adanya fitur HTTP2 itu.

Upgrade Server

Login sebagai admin lalu ke Tools & Settings > Updates & Upgrades. Kemudian mulai proses upgrade. Jika kamu beruntung tidak error, berarti semua berjalan dengan rencana.

Upgrade SQL

Sayangnya rencana tidak semulus dengan aksinya. Jika upgrade dari Plesk 11, pastinya bakal menemukan banyak error. Salah satunya adalah masalah database. Kamu akan menemukan error seperti ini:

ERROR while trying to upgrade APSC SQL database from 11.1.0

Kemudian pada file /tmp/autoinstaller3.log akan ada error seperti:

ERROR 1548 (HY000) at line 67: Cannot load from mysql.proc. The table is probably corrupted

Lalu banyak error lainnya yang mengharuskan update akan berhenti. Error ini disebabkan karena struktur database yang ada pada versi Plesk 11 ini tidak cocok saat sedang memasukkan data ke versi Plesk 17.5 terbaru nanti. Makanya ketika kolom dan baris tidak cocok, proses instalasi terhentikan.

Pesan error lainnya saat eksekusi grep ERROR /var/log/mysqld.log

[ERROR] Incorrect definition of table mysql.proc: expected column 'comment' at position 15 to have type text, found type char(64).
Cek Database

Kita cek database apakah ada corrupt atau tidak.

MYSQL_PWD=`cat /etc/psa/.psa.shadow` mysqlcheck -uadmin mysql
Repair Database

Jika perlu kita jalankan repair database pada table mysql.proc tersebut.

MYSQL_PWD=`cat /etc/psa/.psa.shadow` mysql -uadmin mysql -Ne"REPAIR TABLE mysql.proc"
Rubah type proc.comment
MYSQL_PWD=`cat /etc/psa/.psa.shadow` mysql -uadmin mysql -Ne"alter table proc change comment comment text"
Mulai Proses Upgrade

Pastikan saat proses upgrade jangan sampai batal atau error. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 2-3 menit tergantung databasenya.

MYSQL_PWD=`cat /etc/psa/.psa.shadow` mysql_upgrade -u admin

Jika sudah kita langsung eksekusi untuk upgrade servernya deh. Dijamin langsung bisa.

Sayangnya kamu akan mendapatkan banyak error saat proses upgrade berlangsung, tapi tidak apa-apa. Karena pada proses upgrade dari versi jadul ada komponen yang tidak ada, oleh karena itu errornya akan bermunculan. Namun bukan fatal error.

Lebih detail : https://support.plesk.com/hc/en-us/articles/213416229-Error-during-Plesk-upgrade-Cannot-load-from-mysql-proc-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.