Bagaimana Cara Mengetahui Versi Theme WordPress?

Setelah pusing dengan segelintir masalah terkait wordpress, ternyata beberapa malware script pada wordpress mereka punya trik yang sangat licik. Mau tahu? Yap, kita tidak bisa sembarangan menghapus malware script.

Karena pada kenyataannya, malware script tersebut telah menyatu dan menjadi satu bagian dari script asli dari theme wordpress yang sedang digunakan. Dihapus satu file saja (padahal bukan bagian dari wordpress tersebut) bencana pun terjadi. Yaitu website menjadi blank putih semua!!

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah segera melakukan patching. Apa itu patching? Beberapa theme dari wordpress sangat besar kemungkinannya terkena yang namanya vulnerability. Oleh karena itu harus kita upgrade sesegera mungkin dan betulkan sesegera mungkin. Jangan lupa selalu backup dulu!

Vulnerability maksudnya adalah celah yang ada pada platform tertentu atau website dimana pihak ketiga memanfaatkannya dan efeknya merugikan si pengguna. Baik itu merugikan secara langsung maupun tidak langsung.

Ternyata, cara paling mudah untuk mengetahui versi theme  yang sedang dipakai adalah dari file style.css. File tersebut berada di wp-content/themes/nama-theme/style.css. Dari situ kita bisa membandingkan apakah theme yang digunakan sudah up to date atau belum.

Contohnya seperti ini :

/* Theme Name: Sketch
* Theme URI: https://wordpress.com/themes/sketch/
* Author: WordPress.com
* Author URI: https://wordpress.com/themes/
* Description: A clean, responsive portfolio theme with options for a custom site logo, a featured content slider, and lots of room to share your work.
* Version: 1.0.2
* License: GNU General Public License v2 or later
* License URI: http://www.gnu.org/licenses/gpl-2.0.html
* Text Domain: sketch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.