Migrasi Website Laravel pada cPanel

Topik pagi (dini hari) ini akan membahas tentang migrasi Laravel yang ada pada cPanel. Kebetulan saat saya shift malam sedang handle migrasi pelanggan yang menggunakan CMS bernama Laravel.

Akhir-akhir ini Laravel cukup umum dan lumayan sering dijumpai pada beberapa pelanggan yang menggunakan Virtual Private Server. Mungkin lebih ke fleksibilitas dan apa ya, mungkin lebih ke freedom ya hahaha. Proses migrasi ini bukan untuk level dummy banget, saya cuma untuk reminder (takutnya) kalau saya lupa tentang hal ini.

Cek dan Ricek

Sebelum migrasi aplikasi / website yang bersifat Laravel kita harus pastikan cPanelnya sudah terpasang dulu (maunya pelanggan).

Cek Easy Apache

Pastikan pada Easy Apache VPS tersebut, kamu menggunakan profile yang cukup sama pada host website sebelumnya, agar tidak ribet saat migrasi.

Install PHP mbstring

Pastikan install komponen PHP bernama mbstring saat memasang profile pada Easy Apache. Kamu tinggal search saja pada interface Easy Apache. Tolong jangan install manual!

Transfer Data

Mulai proses rsync file dan database dari host lama ke host baru. Pastikan kamu rsync beberapa kali untuk memastikan file tersebut komplit dan tidak corrupt.

Setelah di rsync pastikan grup owner pada file tersebut sudah benar. Cara membenarkannya yaitu :

chown -R user.user .

Sesuaikan Database

Kita edit file .env yang terletak di /home/user/public_html/.env dan sesuaikan database yang di host baru. Pastikan buat file backupan dulu agar berjaga-jaga kalau salah kita bisa balikkan lagi.

Install Composer di Linux

Mulai install composer dengan login sebagai root di host baru. Lalu bagaimana cara installnya?

yum update
yum install git curl
curl -sS https://getcomposer.org/installer | php
mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Kemungkinan saat memasang composer pada tahap ke 4 dari atas, akan menemui masalah seperti :

The allow_url_fopen setting is incorrect.
Add the following to the end of your `php.ini`:
allow_url_fopen = On

Solusinya, kita hanya harus tambahkan baris allow_url_fopen = On pada ujung file php.ini dari profile php yang kita gunakan pada command line. Karena secara default bawaan php adalah 5.6 kita edit pada profilenya di :

/opt/cpanel/ea-php56/root/etc/php.ini

tambahkan saja allow_url_fopen = On

Oke done, jangan lupa pastikan jalankan command yang ke 5 ini ya.

mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Oke, sekarang sudah selesai. Kita tinggal preview website yang sudah kita migrasikan tadi dengan cara manipulasi host. Biasanya sih langsung jalan.

Beberapa komponen tiap server berbeda kompeksitas dan komplitasnya. Kebanyakan error suka muncul pada baris ke 4 ketika ingin install composer. Biasanya suka beragam, kalau pun beda kamu hanya perlu melihat tentang apa error tersebut dan coba betulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.