Go opensource lagi, akhirnya memilih CWP

Setelah mendengar saran teman tentang CWP, akhirnya saya ambil keputusan untuk berhenti ngehost di shared hosting dan mulai mengoperasikan server sendiri lagi, walau hal tersebut sangat menyakitkan. Karena jelas menyita extra waktu buat saya untuk setup dan apply sana sini, kan lumayan untuk santai-santai pas lagi liburan.

CWP adalah kepanjangan dari Centos Web Panel. Aplikasi ini adalah aplikasi opensource dan tentu saja 100% gratis tidak dipungut biaya, namun ada beberapa addon tambahan yang bisa kita tambahkan, namun harus membayar beberapa dolar. Eh tapi walaupun bayar, namun masih dalam kategori “murah”. 

Konsep CWP adalah sistem stand alone yang berfungsi sebagai sistem security sekaligus sistem web panel yang dapat dioperasikan lewat web interface secara mudah. Konsep ini menarik, karena menghilangkan banyak kesulitan dari segi user interface, bahkan sekalipun kamu tidak jago Linux atau system admin, bisa belajar mengerti sedikit demi sedikit.

CWP sudah berisi modul yang cukup banyak, mulai dari web server, php, email sampai dengan firewall setting. Dan jika saya lihat, forum mereka juga sangat banyak referensi jadi kita tidak usah ambil pusing kalau kesulitan kita baca arsip-arsip di forumnya saja atau tanya di forum. Cukup terkejut, karena sudah lebih dari 10.000 server yang ternyata sudah memakai CWP ini, wow!

Instalasinya cukup mudah dan setelah setting sana sini ternyata menemui masalah saat akan memposting di wordpress dengan menyertakan gambar. Detailnya mungkin akan di bahas di topik berikutnya btw.

Kesimpulan, CWP ini termasuk apik dan lumayan mudah di operasikan, namun rasanya beberapa fitur tertentu memakan resource cukup lumayan. Apa saja itu, nanti akan di bahas di topik berikutnya oke? Trima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.