Buat web manga sendiri menggunakan Manga Viewer

Suka dan hobi baca manga (komik) versi jepang? Ya, kebanyakan pasti suka deh. Apalagi yang dibaca adalah manga yang bertema pertualangan atau komedi.

Mungkin beberapa dari kalian ada yang terpikir, bagaimana sih membuat website manga? Apakah perlu pengaturan khusus, ribet gak sih? Saya sudah ke sana kemari mengotak atik beberapa script dari yang menggunakan bootstrap hingga yang hanya menggunakan html dan php saja. Nah, kali ini nemu yang sangat simpel, namun bisa dikatakan sangat berguna. Terlebih lagi script ini gratis. Walaupun gratis, namun membutuhkan beberapa pengetahuan php dan html dasar untuk menjalankannya. Oh ya, serta koneksi upload yang mumpuni.

Namanya adalah Online Manga Viewer 1.4. Saya kurang ngerti juga siapa pembuat script ini, namun yang pasti script ini beredar luas secara online pada forum manga hingga forum yang enggak ada kaitannya dengan manga. Script ini adalah cikal bakal dari cms website manga favorit kalian. Beberapa orang bekerja sama menyelesaikan script ini dengan menggabungkan php, java script, html serta mysql juga, dan ada versi pro (berbayarnya). Hasilnya bisa dilihat melalalui beberapa web manga yang cukup terkenal seperti mangapanda, mangastream, dsb.

update: Sebenarnya artikel ini saya tulis tanggal 15 April, namun baru saya edit sekarang (18 April). Ternyata setelah dicari-cari dan ditelusuri Manga Viewer ini dikerjakan oleh rsm, sang developer. Anda bisa utak atik sendiri dan brekreasi sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *