Set waktu pada Linux centos 6 lama

Sebulan yang lalu saya pernah menulis sebuah artikel yang berjudul Set waktu pada Linux menggunakan terminal. Ternyata tidak semua tipe linux demikian.

Baru-baru ini saya membeli lagi sebuah vps dari Enzu yah lumayan dengan harga yang miring mendapatkan 2 IP bersih beserta dengan ipv4 ditambah storage yang cukup besar yaitu 100 GB. Ternyata setelah saya eksekusi command timedatectl tidak keluar apapun. Bahkan pada putty saya malah keluar output seperti ini:  timedatectl: command not found. Nah loh, bingung kan tuh. Lalu bagaimanakah solusinya?

Ternyata setelah membaca dari beberapa sumber (artikel linux gitu), ternyata ada 2 tipe linux. Ada versi centos yang baru, ada juga versi centos yang lama. Nah, server yang saya pakai bulan lalu itu kebetulan menggunakan versi centos baru atau yang up to date lah. Kemudian versi centos yang baru saya beli ini sepertinya masih pakai versi lama. Tapi bukan berarti tidak dapat dirubah.

Untuk merubahnya simpel juga, namun tidak sesimpel seperti halnya menggunakan timedatectl sebelumnya. Kita cek file localtimes.

ls -la /etc/localtime

Intinya, sistem penanggalan menggunakan file localtime yang berlokasi di /etc ini. Dengan demikian, kita hanya perlu memindahkannya saja atau melakukan rename saja.

Tapi jangan buru-buru rename terlebuh dahulu. Kita cari dulu file zona untuk Asia/Jakarta, apa atau enggak?

ls -la /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta

Kalau ada, kita rename / pindahkan terlebih dahulu kemudian baru copy deh.

mv /etc/localtime /root/old.timezone
cp /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta /etc/localtime

Kemudian kita cek date sekali lagi.

date

Pasti sudah berubah ke zona waktu Asia Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.