Penyedia domain / subdomain gratisan

Ingin punya domain atau subdomain tanpa harus membayar? Kenapa tidak? Beberapa website menyediakan domain atau subdomain secara gratisan.

Tentu saja layanan ini bukan berarti kita bebas mendaftar domain apa saja semau kita, namun kita pilih dari pilihan yang ada serta dengan catatan juga kalau orang lain belum mengambil pilihan kita. Pada tahun 2009 hingga 2012 saya masih ingat sekali, ada banyak website yang berlomba-lomba menyediakan domain gratisan, namun tampaknya pada tahun 2016 ini mulai agak meredup. Tapi masih tetap ada.

Afraid FreeDNS

Afraid freedns adalah salah satu penyedia subdomain yang ada sejak dulu. Bahkan sebelum saya belajar tentang DNS segala macem (kira-kira tahun 2009) ternyata sudah ada sejak lama. Dengan mendaftar pada afraid freedns, anda mendapatkan max 5 buah subdomain gratis yang bisa anda pointing ke website atau blog anda.

cu.cc

Fasilitas cu.cc sudah ada sekitar tahun 2011-an. Konsepnya cukup menarik, karena kita disuguhi subdomain dari cu.cc untuk 2 tahun pertama secara gratis. Mungkin kalau anda baca di websitenya, mereka klaim menawarkan domain gratis, namun pada konsep DNS yang mereka tawarkan adalah subdomain.

co.nr

Untuk penyedia subdomain yang satu ini agak aneh. Karena yang co.nr tawarkan sebenarnya bukanlah subdomain yang sebenarnya yang bisa kita akses di tiap halamannya, namun hanya URL masking. Artinya yang websitenya panjang (zetaboard.grup.com) menjadi punyaku.co.nr. Saya pribadi engak terlalu merekomendasikan co.nr.

dot.tk

Penyedia domain yang ada sejak lama, salah satunya dot.tk bahkan lambangnya pun masih sama sejak dahulu kala. Website dot.tk menawarkan domain secara gratis (punyaku.tk) namun untuk beberapa orang rasanya interfacenya agak membingungkan.

co.tv

Website penyedia subdomain yang satu ini cukup menjanjikan. Selain namanya yang unik (co.tv) mereka menawarkan gratis 1 tahun pertama kalau tidak salah. Kemudian untuk tahun selanjutnya kita harus membayar. Tapi saya pribadi menyarakan, kalau anda punya projek website streaming atau kumpulan video di youtube, cocok deh pake co.tv.

Hasil pencarian singkat saya sementara hanya itu saja. Kalau dulu (beberapa tahun silam) ada banyak. Seperti co.cc, cz.cc, uni.cc dan masih banyak lagi yang bisa digunakan untuk tester atau sekedar latihan atau mungkin dijadikan nama website atau blog pribadi. Jika saya menemukan lebih banyak lagi, kita akan posting lebih lengkap lagi deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.