Install Unreal IRCd pada Ubuntu Server

Sebelumnya saya pernah memposting bagaimana caranya install UnrealIRCD bukan? Namun waktu itu hanya dijelaskan secara singkat saja.

Kali ini kita akan memasang Unreal ircd dengan cara yang lebih singkat dan metode yang lebih cepat. Jadi tidak perlu berlama-lama, karena kita akan menggunakan generator config yang akan generate config bernama unrealircd.conf dan services.conf untuk anope. Perlu diketahui, chanserv, nameserv, dll adalah bagian dari service dan nama softwarenya adalah Anope service. Sebenarnya ada banyak kok, tapi saya lebih suka pakai Anope service.

Pastikan anda sudah punya 1 user baru (bukan root), tapi user biasa untuk install ircd. Karena tidak rekomendasi menjalankan ircd server dan servicenya menggunakan root user. Pakailah user biasa saja ya. Berikut langkah-langkahnya.

apt-get install build-essential && apt-get install openssl && apt-get install libcurl4-openssl-dev
wget http://kurashina.encore.pw/ircd/Unreal3.2.10.4.tar.gz
tar -zxvf Unreal3.2.10.4.tar.gz
cd Unreal3.2.10.4
./Config
make
echo "" > unrealircd.conf; echo "" > ircd.motd; echo "" > ircd.rules

Kemudian kita generate config untuk unrealircd.motd, caranya link ke bawah ini.

https://www.xshellz.com/tools/generators/ircd/quick

Isikan data yang perlu diisikan sesuai kebutuhan. Kemudian klik generate. Perlu diingat, untuk merubah password menjasi yang lebih sulit gimana caranya orang enggak bisa nebak deh. Dengan mengklik generate, berarti ada 2 conf yang akan terbentuk. Satu, config unreal ircd dan kedua, config services.

Kita masukkan config yang tadi sudah kita generate ke unreal ircd, lalu jalankan. Dengan begini unreal ircd akan running.

./unrealircd --start

Kemudian kita install anope service.

wget http://kurashina.encore.pw/ircd/anope-1.8.8.tar.gz
tar -zxvf anope-1.8.8.tar.gz
cd anope-1.8.8
./Config
make
make install

Secara default, biasanya service anope akan terinstall pada folder /home/user/services. Kita ke folder tersebut dulu, dan copy services.conf yang kita generate tadi. Setelah dipindahkan atau copy, kita jalankan anope service.

./services

Kemudian service anda pasti sudah datang di service irc anda. Untuk mencobanya, tinggal ketik /ns help, /cs help, /bs help, dsb. Jika muncul jawaban, berarti service anda berjalan dengan normal, kalau tidak ada balasan berarti gawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.