Chat & voice chat alternative enteng

Setelah beberapa hari memakai aplikasi chat & voice chat alternative, kali ini saya akan memberikan komentar serta ulasannya.

Sebenarnya pertama kali teman saya (doplank) memperkenalkan aplikasi ini dan menurut pernyataannya, aplikasi ini lebih jernih kualitas suaranya dan lebih enteng aplikasinya. Langsung saya install dan pakai dan ternyata aplikasinya sangat simpel dan tidak membingungkan. Semua orang pertama kali melihat pasti dapat langsung menggunakannya.

Untuk menggunakan aplikasi Discord, lebih dianjurkan agar menggunakan mic atau headphone yang ada micnya. Jadi sambil chat (mengetik), kita juga bisa langsung berbicara secara realtime pada suatu channel (room) tertentu.

Jadi ceritanya saya beli headphone baru dengan merek Ovleng x6 (mic termasuk). Entahlah apakah ini versi KW atau apa, tapi bungkusnya besar dan harganya 100ribu. Sembari mengetes headset ini doplank langsung menawari saya aplikasi yang namanya Discord.

Aplikasi discord saya rasa bisa menggantikan aplikasi pendahulunya seperti Skype, Teamspeak, Raidcall dsb. Terlepas dari itu semua, Discord menawarkan dan memfasilitasi kemudahan saat daftar pertama kali dan menggunakan chat serta voice chat. Server yang digunakan beragam, paling dekat yaitu Singapore. Server dengan latency yang cukup ringan maka kualitas suara yang dihasilkan juga cenderung bagus.

Untuk yang suka gaming atau main bareng atau pada podcast atau main raid 1 guild bareng sangat disarankan menggunakan Discord deh.

Discord tersedia dalam 2 versi. Ada versi web dan versi aplikasi. Kalau saya lebih suka pakai versi aplikasinya (harus download dulu). Tidak hanya di Windows platform saja, namun Mac, Android, iOS dan saat ini untuk Linux masih dalam tahap pengembangan. Well, semoga versi Linux akan segera keluar deh.

Ok, sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.