Ulasan memesan dedicated server di Oneprovider

Bingung mau menulis apa, karena saking bingungnya akhirnya saya putuskan untuk memberikan ulasan saja. Ulasan kali ini tentang dedicated server yang baru kita beli di Oneprovider.

Sebelumnya yang belum tahu tentang Oneprovider, adalah suatu perusahaan yang menggabungkan seluruh penyedia host (server) di seluruh dunia menjadi satu. Pada dasarnya mereka tidak bermodalkan server, namun hanya sebagai reseller saja. Jika dilihat dari segi merketing, saya rasa sih mereka membuat perjanjian dengan berbagai host tertentu dengan berbagai deal yang ditawarkan sehingga ke end user harganya murah dan terjangkau.

Beberapa review atau ulasan dalam bahasa inggris mengatakan reputasi mereka buruk dan bahkan beberapa dari kontribusi review mengatakan mereka adalah penipu. Namun setelah saya mencoba membeli dedicated server lokasi perancis untuk project, kini saya bisa menyimpulkan layanan yang mereka tawarkan serta kualitas service mereka.

Untuk dedicated server yang saya coba yaitu VIA Nano U2250 1.6Ghz (No IPMI) dengan 1TB SSHD. Harga yang mereka tawarkan per bulannya yaitu 15 EUR atau sekitar errmm kalikan sendiri ya.

Untuk kecepatan speed download, jangan ditanyakan ya. Speed yang ditawarkan sebenarnya fast ethernet (100Mbps), namun melihat speed seperti ini, masuk dalam kategori gigabit ethernet (1Gbps).

Setelah di cek lebih lanjut, ternyata untuk eth0, kita disediakan 1Gbit port speed.

Dari segi harga, bisa dibilang termasuk murah meriah. Karena hanya dengan 15 EUR atau sekitar hampir 17 USD per bulan kita bisa menikmati unlimited speed dengan 1 Gbps port speed shared. Tidak hanya itu saja, layanan yang mereka berikan tidak memiliki aturan main yang cukup rumit.

Dari segi lamanya setup, mereka menjanjikan 3 hari kerja untuk setup dedicated server. Lamanya setup bisa bertambah jika anda memesan pada hari jumat, karena sabtu dan minggu bukan hari kerja dan tidak terhitung dalam lamanya setup. Perlu diakui, untuk setup dedicated pertama kali di Oneprovider harus cukup sabar. Beberapa orang menyatakan komentarnya pada artikel online dan forum bahkan bisa lebih dari 3 hari kerja untuk lamanya setup.

Fitur control panel yang mereka tawarkan cukup simpel. Namun untuk fasilitas set reverse dns, check latency, set reboot / shutdown, abuse report, DDoS notifier, hardware watch, reinstall OS dan rescue disk sudah tersedia.

Dengan harga yang terbilang murah, jangan mau enaknya saja. Sesuatu yang murah pasti ada yang harus dikorbankan. Salah satunya adalah layanan bantuan mereka atau support. Rata-rata balasan support team dari Oneprovider antara 3-12 jam dalam satu kali balas. Saat saya menanyakan tentang produk mereka ke divisi Sales, balasan yang saya terima cukup cepat, sekitar 3 jam. Namun saat meminta bantuan ke help support karena masalah iptables, support mengirim balasan hampir 12 jam kemudian. Harap ingat, dedicated server ini unmanaged dan tidak ada support console atau IPMI.

Metode pembayaran yang mereka tawarkan ada 2, yaitu Paypal dan Credit Card. Namun kali ini saya memprosesnya melalui paypal saja biar lebih aman dan terpecaya.

Oke, mungkin itu saja sedikit review yang bisa saya bagikan. Kalau penasaran bisa langsung beli. Oh ya ingat ya, dedicated server ini hanya menggunakan prosesor VIA NANO 1.6 GHz saja. Tidak cocok untuk proses berat. Saya pribadi hanya menggunakannya untuk media penyimpanan file saja. Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.