Penjelasan tentang jenis Kartu Kredit

Kartu kredit? Zaman sekarang pasti sudah banyak orang yang mengerti fungsi dari kartu kredit tersebut. Bahkan tiap bank berlomba-lomba menghubungi pelanggan yang berpotensi memiliki kartu kredit.

Kebanyakan orang takut untuk mempunyai kartu kredit. Ya, secara tidak langsung kartu kredit akan memaksa kita untuk terus membeli dengan disuguhi banyak diskon dan embel-embel lainnya. Jadi., pada umumnya konsep kartu kredit itu adalah pihak penyedia meminjamkan sejumlah uang (berdasarkan batas nominal kartu tersebut) terlebih dahulu untuk kita beli, kemudian bisa dibayarkan tiap bulannya atau dibayar langsung.

Kartu kredit sendiri terdapat beberapa jenis. Jenis yang saya maksud bukan seperti bank-bank di Indonesia. Bukan tipe silver, gold, platinum, dll NO. Yang saya maksud seperti jenis VISA, MASTER CARD, DISCOVER, dan AmEx.

Untuk VISA dan MASTER CARD, dua jenis ini hampir mirip, namun bukan berarti kembar. Dua jenis kartu ini biasa disebut dengan payment gateway atau disebut juga cara pembayaran. Bagi pemilik kartu jenis ini, ada manfaat yang berbeda dan kebijakan yang berbeda pula dari penyedia bank yang bersangkutan. Banyak sekali merchant di dunia yang menerima jenis kartu ini.

Misalnya VISA di Indonesia adalah tipe kartu kredit yang sering dikeluarkan dan mempunyai batas tertentu tergantung pendapatan anda saat pihak bank mensurvey anda. Dan tentu saja, pada tanggal tertentu anda harus wajib membayar tagihan terhadap dana yang keluar dari VISA tersebut. Ada tagihan nominal yang wajib kita bayar juga, saya kurang tahu perhitungannya bagaimana, tapi tagihan yang wajib kita bayar seperti menyicil saja tiap bulannya.

Untuk MASTER CARD sendiri berbeda dari VISA. Rata-rata debit card yang dikeluarkan bank di indonesia menggunakan tipe MASTER CARD dan VISA. Tadinya, hanya bisa tarik tunai ATM, namun sekarang debit card berlogo MC (MASTER CARD) bisa kita gunakan sebagai metode pembayaran yang dipotong dari rekening tabungan langsung.

Untuk jenis MC di luar negeri biasanya sudah bisa digunakan untuk pembayaran internasional apapun itu asal rekening anda masih ada duitnya. MC sendiri konsepnya berbeda dengan VISA. MC mempunyai nominal budget tergantung banyaknya dana yang ada di rekening anda.

DISCOVER sangat berbeda dengan jenis kartu sebelumnya. Umumnya jenis kartu ini hanya bisa digunakan pada media tertentu saja. Dalam hal ini media pembayaran tertentu dan memang sengaja tidak di buka terlalu umum. Jenis kartu ini biasanya menawarkan berbagai penawaran dan bonus bagi pemilik kartunya.

AMEX adalah kepanjangan dari American Express. Seperti namanya, Amex ekslusif untuk warga Amerika. Amex biasanya dikeluarkan oleh pihak bank tertentu dan untuk orang tertentu saja. Dari segi pemakaian dan pamor, kartu Amex mempunyai kasta yang lebih tinggi dibandingkan VISA, MC dan DISCOVER karena untuk mengeluarkannya tidak mudah dan bukan untuk sembarang orang. Namun seiring berkembangnya zaman, kini Amex juga berfungsi sebagai payment gateway seperti VISA, MC dan mempunyai balance juga.

Referensi diambil dan dikemas dari berbagai sumber ditambah pengalaman pribadi juga. Perlu diketahui untuk mencari sumber yang terbaru dan pastikan bukan yang COPY PAST doang! Zaman makin bergerak maju, semua metode pembayaran juga akan berpengaruh. Beberapa perubahan kecil mungkin bisa saja terjadi dan bisa saja referensi tulisan saya tidak valid lagi.

Saya bukan seorang ekonom, hanya seorang lelaki dengan pekerjaan System Administrator. Sistem pembayaran seperti ini wajib kita ketahui karena berbagai kemudahan yang ditawarkan kalau kita cermat mengetahui dan memakainya. Artikel ini diharapkan bisa menjadi referensi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.