Install Unreal IRCD

Pernah bermain IRC? Jika kamu lahir di era 90-an atau era 80-an, biasanya mengenal yang namanya IRC. Dulu IRC sangat terkenal, bahkan efeknya sampai Indonesia.

IRC adalah kepanjangan dari Internet Relay Chat. IRC bisa bermakna protokol atau aplikasi. Namun kebanyakan orang akan merujuk pada kategori aplikasi. Jika teman-teman tahu, aplikasi chatting yang ada selama ini adalah generasi penerus IRC. IRC merupakan aplikasi awal yang sampai saat ini masih dikembangkan dan berinovasi mengeluarkan aplikasi chat lainnya.

Bosan bermain ke IRC server orang lain terus? Bagaimana kalau langsung memasang IRC server di mesin sendiri? Perlu diketahui, software IRC server sendiri sebenarnya ada banyak versinya. Jika perlu bisa kamu cari di wikipedia. Namun, untuk artikel kali ini saya akan membahas menggunakan Unreal IRCD.

Untuk memasang server Unreal IRCD, kita harus mempunyai server Linux ya. Dan tentunya anda sendiri harus punya kemampuan Linux dasar agar nanti enggak terlalu bingung sewaktu proses instalasi. Kan repot kalau dijelaskan semuanya, nanti artikelnya terlalu panjang deh.

Pertama kita download dan extract serta kita configure. Oh ya, di sini saya pake server dari Scaleway, dengan sistem operasi Debian stable.

wget http://www.unrealircd.com/downloads/Unreal3.2.8.1.tar.gz
tar -zxvf Unreal3.2.8.1.tar.gz
cd Unreal3.2.8.1

Persiapan kedua, kita install SSL agar support di server IRC kita.

apt-get install build-essential
apt-get install openssl
apt-get install libcurl4-openssl-dev

Kemudian kita configure

./Config

Nanti ada beberapa pertanyaan yang harus kamu wajib jawab. Intinya, kamu enter saja terus hingga interface instalasi berakhir. Namun jika ingin di custom mungkin ada yang harus kamu jawab Yes dan No.

Kemudian :

make

Selesai. Langkah selanjutnya membuat file configuration bernama unrealircd.conf terlebih dahulu pada folder yang sama. Contoh configuration file bisa di lihat di sini. Sangat sulit menjelaskan 1 1 fungsi tiap baris file config tersebut. Mungkin ada baiknya kamu coba sendiri dulu nanti kalau ada yang bingung dan stuck baru tanya, ok?

Setelah file konfigurasi selesai, kita jalankan aplikasinya.

./Unreal start

Secara default, IRC akan listen pada port 6667, dan untuk SSL menggunakan port 6697.

Yuk gabung dengan IRC kita di irc.encore.pw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.