Install ZNC di Linux

Suka bermain IRC? Tentunya tidak asing dengan yang namanya bouncer. Istilah bouncer ini sangat populer, dimana nick kita dalam IRC dapat online 24 jam bahkan walau kita sedang offline.

Sebenarnya ada banyak sekali tipe bouncer untuk IRC. Ada psyBNC, ada ZNC, ada sBNC, dan beberapa tipe custom BNC yang masih banyak di internet. Namun kebanyakan yang saya temui, para penyedia bouncer gratis ini rata-rata menggunakan software ZNC. Bedanya, mereka mengedit dan modifikasi beberapa feature untuk kepentingan komunitas mereka sendiri.

Untuk menginstall ZNC, kita harus punya root dan 1 root user (yang bisa menggunakan sudo). Kalau tidak punya root access, berarti harus menginstall versi tarball dengan custom configure.

Sebenarnya tiap distribusi, kita bisa install langsung menggunakan yum atau apt-get install dsb. Tapi saya lebih suka install dari tarball.

download source tarball dan extract

wget http://znc.in/releases/znc-latest.tar.gz
tar -zxvf znc-latest.tar.gz

Kita mulai configure

cd znc
./configure
make
make install

kemungkinan besar saat instalasi make install akan meminta akses root, kita bisa menggunakan sudo make install. Jika tidak punya akses root, saat configure gunakan ini:

./configure --prefix="$HOME/.local"

Proses kompilasi akan berjalan pada layar, dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit tergantung mesin server atau mesin linux kamu. Setelah selesai, kita setup znc pertama kali dengan menjalankan:

znc --makeconf

Akan ada beberapa line setting yang harus kamu isi untuk pertama kalinya. Kemudian setelah diisi semua, kamu bisa langsung login ke web interface dan set ke server irc mana yang ingin kamu tuju.

Login ke web panel ZNC http://ip_address:port

Dimana ip_address adalah ip publik kamu atau ip server dimana kamu install ZNC, dan port adalah angka yang kamu definisikan saat menjalankan znc –makeconf.

Masih bingung atau menemui kesulitan? Silakan post di kolom komentar beserta screenshotnya. Mungkin nanti bisa saya coba bantu jika sedang free.

ZNC

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *