Scaleway: Dedicated server murah berbasis ARM

Artikel kali ini akan membahas tentang penawaran dan beberapa keunggulan versi dedicated server yang di manufakturi oleh scaleway.

Perlu diketahui, scaleway ini adalah salah satu penyedia dedicated server yang ada di eropa yang kini perusahaan mereka sedang naik daun. Tidak lepas juga bersama kompetitor lainnya seperti ovh dan hetzner. Scaleway adalah sister company dari Online. Tanpa bertele-lete panjang, yuk kita simak ulasan pengalaman saya selama memakai layanan dedicated server berbasis ARM milik Scaleway.

Produk

Dari sisi produk, scaleway saat ini hanya baru memiliki 1 produk saja, yaitu C1 server. Server ini memiliki kekuatan 2 GB ram, 1 ipv4, 50 GB ssd bare metal, network speed 200 Mbit serta dengan unlimited quota per bulannya. Perlu di garis bawahi, C1 server berbasis ARM processor dengan disuplai 4 core processor. Cukup untuk kebutuhan pribadi atau proyek kecil – menengah.

Harga

Membicarakan soal harga, dijamin ini paling murah. Untuk harga per bulannya dengan spesifikasi yang saya sebutkan di awal tadi, kamu hanya perlu mengeluarkan 2.99 EURO saja. Tidak hanya itu saja, untuk tambahan storage kalau dirasa kurang, bisa kamu tambahkan hanya dengan 1 EURO per bulannya untuk 50 GB ssd bare metal.

Performa

Untuk masalah performa, prosesor dengan versi ARM tidak dianjurkan untuk mengolah data yang terlalu berat. Karena versi ARM tidak sama dengan prosesor server mayoritas yang kita telah ketahui, namun untuk kebutuhan pribadi atau komunitas kita bisa mengandalkan performa ARM 4 core ini. Saya sendiri menggunakan server ini untuk server download dan torrent server saja. Namun beberapa komunitas menggunakannya untuk aplikasi seperti owncloud, bahkan website serta blog.

Pengembangan

Jika dilihat dari sisi pengembangan, saya akan memberikan rating 10 untuk Scaleway. Karena semua produk C1 server mereka saat ini adalah hasil pengembangan dari laboratorium mereka sendiri. Sepengetahuan saya, butuh waktu bertahun-tahun serta memakan dana yang cukup besar untuk mengembangkan hardware dan feature yang dikembangkan dari hasil penelitian lab sendiri. Ini yang namanya berdikari :v

Fitur

Sebenarnya ada banyak sekali feature yang bisa kamu dapatkan dari Scaleway. Termasuk custom control panel, 1click install application, serta ada banyak varian distribusi sistem operasi berbasis Linux. Ada juga feature snapshot yang mirip dengan fitur Windows HyperV yang bisa kamu akses lewat control panel Scaleway. Lebih jelasnya bisa ke halaman fitur Scaleway.

Support

Karena harganya yang super fantastis murah, support pada Scaleway terbagi dalam beberapa bagian. Ada yang free, developer, business, dsb. Yang membedakan adalah harga dan kecepatan dalam membalas ticket tersebut. Kalau free ya gratis, makin ke atas harganya makin fantastis, trust me!

Pembayaran

Metode pembayaran yang saat ini Scaleway terapkan, hanya melalui kartu kredit saja. Jika kamu mempunyai VCC (Virtual credit card), kamu juga bisa bayar dengan kartu itu, tapi pastikan balancenya ada ya.

Dari beberapa ulasan atau review di atas, kamu bisa menentukan kesimpulannya bukan? Oke, kalau kamu berminat dan ingin punya server tersebut namun tidak punya kartu kredit, mungkin bisa email saya atau komen di topik ini bagaimana saya bisa membantu kamu. Alamat email saya berada di halaman About me.

Sayangnya per awal November 2015 kemarin, stok dedicated server milik Scaleway hampir habis. Oleh karena itu pendaftaran baru untuk saat ini TIDAK BISA. Hanya bisa lewat undangan atau invitation saja atau menghubungi orang yang sudah memiliki server sebelumnya di Scaleway. Kalau dari control panel saya, saya masih bisa membuat beberapa server lagi.

Oke, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.