Beberapa command untuk monitor network bandwidth

Kali ini saya akan membagikan beberapa command untuk monitor network bandwidth di linux. Selain itu juga artikel ini ditulis biar saya juga enggak lupa :v
Oh ya, ini hanya berlaku untuk versi Centos saja. Untuk versi debian bisa pakai apt-get install.

Oke langsung saja, sebenarnya banyak sekali command yang ada. Dari beberapa sumber yang saya kumpulkan ternyata tool untuk monitor network bandwidth pada linux ada sekitar hampir 20 tools. Namun yang saya sudah coba dan pemakaiannya enak dan bagus yang akan saya posting pada artikel ini. Perlu diketahui, ada beberapa tool yang memang hanya bisa monitor network pada eth0 (non VPS) juga ada yang bisa monitor network pada venet0 dan eth0 (vps dan non vps).

Yang pertama adalah iftop, interface iftop adalah salah satu favorit saya dalam monitor network bandwidth pada server. Karena terlihat jelas list IP dengan penggunaan bandwidth terbesar saat sesi tersebut. (gambar di bawah)

yum -y install iftop

Kemudian yang kedua ada iptraf. Tool ini di rekomendasikan oleh manager saya karena lebih detail dengan packet yang di transmit. Namun ini hanya bisa berfungsi jika ada interface eth0 di dalamnya. Ini juga salah satu favorit tool yang saya pakai. (gambar di bawah)

yum -y install iptraf

Selanjutnya ada nload. Nload berfungsi monitor kecepatan bandwidth saat realtime pada interface eth kamu. Biasanya patokan kecepatannya KiloBit atau MegaBit. Bukan KiloByte atau MegaByte ya.

yum -y install nload

Dari banyaknya tools monitoring bandwidth yang ada, menurut opini saya hanya 3 di atas saja yang rekomended. Hal ini di dasarkan atas review pribadi. Namun tiap pandangan orang berbeda-beda, jadi kalau menurut anda tidak cocok atau kurang bagus dengan tools di atas, bisa mencoba tools yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *