Mencari file ukuran besar pada Linux

Beberapa waktu lalu ada teman yang bertanya, “Eh, bisa bantuin gak gimana ya caranya nemuin file besar di server? Gw pake centos”. Kemudian tanpa pikir panjang saya pastekan saja referensinya.

Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung menggunakan Linux non GUI (tidak ada graphic) saat ingin mencari file mana yang ukurannya besar. Sebenarnya ada kok commandnya, tapi jangan di hafal. Karena sepertinya sih sulit untuk di hafal, di simpan pada note pribadi aja. Kalau perlu tinggal di copas (copy & paste).

Untuk mengetahui file-file besar ada dimana saja, kita bisa menggunakan fungsi find. Fungsi find ini sama persis seperti fungsi search yang ada pada Windows.

find /path/to/dir/ -type f -size +<size> -exec ls -lh {} \; | awk '{ print $9 ": " $5 }'

Dimana:

/path/to/dir/ adalah lokasi folder yang ingin kamu cari. Untuk mencari secara keseluruhan, bisa menggunakan / saja.

<size> adalah parameter dimana kita menspesifikasikan besarnya file tersebut. Artinya, kita akan mencari file dengan minimal besarnya <size> yang kita input. Besarnya <size> di definisikan dalam kilobytes. Contoh 200MB = 200000k.

Sebagai contoh, kita akan mencari file dengan ukuran sekitar 100 MB atau lebih pada /home.

find /home -type f -size +100000k -exec ls -lh {} \; | awk '{ print $9 ": " $5 }'

Kemudian tunggu saja hingga hasilnya keluar. Kalau tidak ada hasil, berarti tidak ada file yang ukurannya melebihi 100 MB pada folder /home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *