WordPress: Replace text database website lewat phpmyadmin

Sudah lama kita enggak membahas topik yang bersifat teknis. Sekarang akan bahas sedikit tips bagi kalian yang khususnya blogger atau webmaster yang masih baru-baru. Oh ya, masih dalam lingkungan wordpress ya.

phpmyadmin

Sebelumnya blog dcyber09 ini kan menggunakan third party untuk sentuhan tampilan gambarnya. Apa itu third party? Komponen tambahan untuk kebutuhan tambahan melengkapi fungsi utama. Sebelumnya menggunakan embel-embel domain encore.pw namun karena domain tersebut sudah expired dan saya sudah tidak ada rencana memperpanjang lagi, yasudah deh.

Gambar enggak terload

Dampak dari domain yang sudah expired tadi dan sengaja enggak saya perpanjang yaitu saat kalian membuka blog saya akan muncul gambar error, bahkan tiap postingan yang seharusnya ada 1 gambar minimal, malah tidak tampil semua. Hal itu karena alamat website tidak bisa ter-resolve dengan baik karena akses resolve sudah ditutup dari pihak registrar.

Solusi

Mungkin kebanyakan dari teman-teman akan menyarankan solusi seperti ini.

Karena sudah mati domainnya, yasudah mending kamu login ke blognya kemudian edit tiap postingan dan ubah alamat gambar tersebut. Memang memakan waktu yang lama, tapi mau gimana lagi :v

Biasanya bakal menyarankan hal seperti di atas bukan? Memang sih, bisa. Tapi terlalu banyak halaman yang harus di rubah. Di lain sisi, mengupload ulang gambar dan merubah tiap postingan adalah hal yang melelahkan.

Ubah database

Salah satu solusi yang harus kita ambil dengan cara cepat adalah merubah dalam database tersebut. Sebelumnya host untuk gambar kan my.free2gbhost.net lalu kita ubah ke host yang baru. Simpelnya seperti itu, tapi gimana caranya?

Pertama, kita harus login ke database server menggunakan phpmyadmin. Kemudian kita gunakan fungsi search database pada phpmyadmin dulu. Berikut gambarnya:

Kemudian nanti akan ada hasil pencarian dan merujuk ke table mana. Lalu kita klik Browse untuk lihat hasilnya.

Setelah itu akan terlihat pada table mana bukan. Lalu kita eksekusi command berikut untuk merubah text yang akan kita kehendaki.

update TABLE_NAME set FIELD_NAME =
replace(FIELD_NAME, 'Text to find', 'text to replace with');

TABLE_NAME adalah nama table. Kamu bisa tahu dari sini. Saya lingkari.

Kemudian FIELD_NAME adalah nama kolomnya. Bisa kamu dapatkan dari sini. Hampir bisa dipastikan semua yang diubah pada kolom post_content.

Kita eksekusi command tersebut sesuai keadaan study case kita di atas, jadinya :

update q_posts set post_content =
replace(post_content, 'my.free2gbhost.net', 'my.free2gbhost.net');

Lalu kita tempatkan text berikut pada console phpmyadmin. Dimanakah letak console tersebut? Console phpmyadmin berada paling bawah. Dan untuk eksekusinya, jangan lupa Ctrl + Enter.

Jika sudah tereksekusi kita bisa cek. Kembali ke postingan kita dan edit post tersebut. Nanti kalian lihat text pada databasenya pasti sudah berubah. Mudah bukan?

Semoga kalian bisa menerapkanĀ replace text database website lewat phpmyadmin ini juga agar hidup kalian lebih indah dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.