Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Membeli VPS Minim Budget

Ketika ingin membeli VPS, ada baiknya kita tidak asal membeli begitu saja. Sangat disarankan untuk menimang beberapa hal sebelum membeli VPS tersebut. Apalagi kalau budget yang ada di kantong pas-pasan.

Melalui topik kali ini, kita akan memberikan beberapa saran harus bagaimana dan apa yang harus diperhatikan ketika membeli VPS. Sebenarnya ada banyak aspek, namun kita simpelkan menjadi 5 saja ya.

Harga Murah

Aspek yang pertama yaitu cari vps harga murah. Kategori murah di sini sangat variatif, tergantung dari fitur yang disediakan. Pada umumnya harga zona vps dibagi menjadi 3. Zona asia, zona us dan zone eropa / eu.

Zona paling murah umumnya us. Untuk ukuran 1GB ram, umumnya berkisar antara 50rb – 80rb dengan hardisk sekitar 30-40 GB. Namun sayangnya vps us sudah banyak IP yang tidak bersih (kebanyakan digunakan untuk spam dan dos). Zona kedua adalah zone eropa yang biasanya menawarkan vps offshore dan vps murah dengan storage yang lebih besar. Ketiga zona asia yang harganya cenderung mahal.

Kapasitas Besar

Seiring berjalannya waktu, tidak bisa dipungkiri kita akan membutuhkan lebih banyak diskspace atau storage untuk menyimpan data file kita. Untuk ukuran 1 GB ram, rata-rata orang membutuhkan storage antara 20-40 GB dalam kurun waktu 1 tahun, namun tergantung pemakaian juga ya.

Untuk pemakaian ideal, dengan ukuran 1GB ram sangat disarankan memiliki kapasitas storage minimal 40-50 GB. Apalagi jika misalnya kamu pengguna aktif menyimpan file seperti FTP, torrent atau lainnya, otomatis harus sedia storage lebih besar lagi.

Kecepatan tinggi

Pemilihan provider server untuk kebutuhan kecepatan / bandwidth yang lebih tinggi sebenarnya relatif. Biasanya untuk vps / server di indonesia, menyediakan kecepatan 100 Mbps – 1 Gbps namun internasional sangat culun, yaitu 1 Mbps.

Namun jika membeli dari vps / penyedia luar maka anda mendapatkan speed yang tinggi ke semua koneksi internasional. Biasanya tim marketing akan melakukan campaign seperti ini : Kecepatan server luar lebih lamban. Hal itu memang benar, tapi koneksi ke internasional juga lamban. Untuk penggunaan lokal sangat cocok. Tapi untuk penggunaan software storage / torrent tidak disarankan.

Beda dengan vps dari luar, koneksi internasional mencapai 1 Gbps dan sesampainya di indonesia koneksi biasanya drop ke 20-30 Mbps. Masih bisa diterima dengan harga yang lebih miring ketimbang beli di provider lokal kita.

Support 24/7

Banyak penyedia yang menyediakan support di sana tidak 24/7. Bahkan bisa dibilang sangat terbatas akses supportnya. Kebanyakan yang menjual harga sangat murah hanya melayani after sales (bagian marketing) dan administrasi umum saja. Dan bisa dikatakan untuk technical support 24 jam mereka tidak terlalu expert dalam hal ini.

Kebanyakan aturan

Banyak dari penyedia VPS memiliki aturan yang banyak dan cenderung bersifat restrisksi. Jika projek atau server kamu memiliki aturan main yang cukup banyak dan butuh lebih banyak kebebasan, maka vps offshore adalah pilihan tepat untuk kamu. Banyak vps murah dan vps offshore yang saat ini sudah mulai banyak berkurang. Apalagi yang harganya bersahabat memang tidak banyak.

Semoga tips membeli vps minim budget ini bermanfaat untuk kalian, khususnya yang sedang mencari vps offshore dan vps murah dengan budget minimal 100rb rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.